Jokowi Pilih Ma’ruf dan Prabowo Pilih Sandi Sebagai Cawapres

SIMBUN.com

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengumumkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin menjadi calon wakil presiden atau cawapresnya dalam pemilihan presiden atau pilpres 2019. Hal tersebut diumumkan Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.

“Dengan perenungan yang mendalam dan masukan saran dari seluruh elemen masyarakat, saya memutuskan dan telah mendapatkan keputusan dari koalisi Indonesia kerja yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden adalah Prof Dr KH Ma’ruf Amin,” ujar Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, KH Ma’ruf Amin telah menyatakan siap menjadi calon wakil presiden mendampingi Jokowi dalam pilpres 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ma’ruf menanggapi isu yang makin menguat bahwa namanya masuk daftar kandidat cawapres Jokowi.

“Kalau untuk negara, saya siap. Kalau untuk pribadi, sejujurnya saya ini kiai saja sudah cukup. Tapi kalau negara dan bangsa memerlukan, saya bersedia,” ujarnya lewat keterangannya pada Jumat, 20 Juli 2018.

Jokowi rencananya mendaftarkan diri bersama Maruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum pada esok hari, Jumat, 10 Agustus 2018.

Selain itu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto secara resmi menyatakan diri maju dalam Pilpres 2019.

Hal ini diumumkan Prabowo di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (9/8/2018).

Prabowo juga akhirnya memilih Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno sebagai cawapres.

“Gerindra, PKS, dan PAN telah memberi kepercayaan kepada saya dan Saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia,” ujar Prabowo kepada khalayak yang hadir di sana.

Pasangan Prabowo-Sandiaga akan diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN. Dan partai Demokrat pada akhirnya juga mendukung pasangan capres dan cawapres, Prabowo dan Sandiaga. (*)