Vladimir Putin Belum Putuskan untuk Ikut Pilpres Rusia 2018

Simbun.com

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin belum memutuskan apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden pada 2018. Keputusan itu kemungkinan akan diumumkan pada November atau Desember mendatang.

“Bukan hanya keputusan siapa yang akan saya lawan, saya juga belum memutuskan untuk ikut maju kembali atau tidak,” kata Putin, seperti dilansir Reuters, Kamis (5/10/2017).

Putin juga mengatakan, bagi siapa saja yang mencalonkan diri sebagai presiden harus membuat pengumuman pada akhir November atau awal Desember.

Sejumlah pihak memprediksi jika Putin maju ke Pilpres 2018, dirinya akan meraih kemenangan telak. Sebab kemungkinan dia tidak menghadapi lawan yang begitu berat.

Hal itu melihat ditangkapnya politikus oposisi Rusia, Alexei Navalny yang menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk memprotes korupsi pemerintah. Sekitar 1.500 pendukung Navalny juga ikut ditangkap dalam aksi protes di berbagai wilayah Rusia.

Sebagai pemimpin oposisi Rusia, Navalny telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Rusia dalam pemilu tahun depan. Navalny berhasil meraup banyak dukungan publik Rusia melalui kampanye online tiada henti. Namun sejumlah polling memprediksi kesempatan Navalny untuk mengalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin sangat kecil.

Putin sendiri memiliki popularitas sangat tinggi di mata publik Rusia. Namun Navalny dan pendukungnya berharap bisa memanfaatkan ketidakpuasan publik terhadap korupsi di kalangan pejabat Rusia, demi meraup dukungan.

Sumber: detik.com