JK dan Peraih Nobel Ekonomi Bertemu Bahas Investasi

Simbun.com

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sempat bertukar pikiran dengan peraih nobel ekonomi 2001 Joseph Stiglitz. Keduanya berbicara soal 2 isu penting terkait investasi ekonomi.

Keduanya bertemu di sela-sela acara World Leader Forum di Columbia University, Amerika Serikat (AS), dilansir dari detik, Jumat (22/9/2017). JK dan Stiglitz duduk satu meja di sebuah ruangan selama 30 menit.

Pada saat itu, Stiglitz menyarankan soal untuk mengkaji ulang kebijakan investasi. Menurutnya, Indonesia sebaiknya melakukan pengecekan ulang terhadap kontrak-kontrak investasi yang dianggap lebih menguntungkan perusahaan. Dia melihat ada kelemahan yang harus diperbaiki.

“Pemerintah harus mereview perjanjian seperti itu. Karena ada kontrak-kontrak pada kasus tertentu lebih menguntungkan perusahaan, yang sekarang dianggap bias untuk kepentingan korporasi besar,” kata juru bicara Wapres JK, Husain Abdullah.

Tidak hanya itu, Stiglitz juga menyinggung soal green investment. Wapres JK mendengarkan seksama saran dari koleganya itu.

“Bagaimana mendorong pembiayaan global untuk yang mensupport green investment,” terangnya.