Menteri Kehakiman Jepang Ingin Belajar Deradikalisasi ke RI

Simbun.com

Jakarta – Menteri Kehakiman Jepang Yoko Kamikawa mengaku belajar banyak dari kunjungannya ke Lapas Narkotika Kelas II Jakarta dan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Meski begitu, Yoko mengaku masih ingin mendalami cara Indonesia menangani narapidana kasus terorisme.

“Saya juga ingin belajar menanggulangi para teroris. Saya berharap bisa banyak belajar,” kata Menteri Yoko di Lapas Kelas IIA Narkotika Jakarta, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (9/9/2017).

Plt Dirjen PAS Ma’mun mengatakan kunjungan Yoko merupakan acara tukar informasi antara Jepang dan Indonesia soal penanganan dan pembinaan narapidana. Soal pembinaan napi teroris, Ma’mun berharap Yoko dapat kembali mengunjungi Indonesia untuk belajar lebih dalam.

“Tadi soal teroris, tentang pembinaan narapidana teroris. Memang di seluruh dunia belum ada yang mengklaim paling berhasil, tapi kebetulan di Indonesia narapidana banyak dan kita sudah punya program deradikalisasi,” tutur Ma’mun.

“Mungkin dalam kesempatan berikut Ibu Menteri bisa melihat langsung lapas khusus teroris yang ada di Sentul, dengan koordinasi dengan BNPT,” imbuh Ma’mun.