Awas, Menikah di Usia Muda Rentan Terkena Kanker Serviks

Simbun.com

Surabaya – Menikah pada usia muda bisa menjadi faktor seorang perempuan beresiko terkena kanker serviks atau kanker leher rahim. Karenanya, pemeriksaan dini sangatlah diperlukan.

“Pada usia muda, mukosa sel serviks belum matang, sehingga akan lebih mudah rusak begitu kena serangan benda tumpul. Kalau sudah begitu, perempuan akan lebih mudah terserang virus HPV yang bisa terdorong masuk saat berhubungan seksual,” ujar dr. Primandono Perbowo Sp.OG, dalam acara Ladies Talk: Kanker Serviks Pencegahan Vs Penanganan di Rumah Sakit Adi Husada Surabaya, Sabtu (30/9/2017).

Untuk itu, deteksi dini seperti papsmear merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

“Tahap pra kanker dapat diketahui melalui pemeriksaan deteksi dini papsmear. Disini sel mulut rahim dan sel leher rahim diambil, lalu diperiksa dengan mikroskop. Bila ditemukan kelainan, maka akan dilanjutkan ke pemeriksaan selanjutnya,” ujar dr. Primandono.

Menurutnya, rekomendasi dari American Cancer Society adalah semua wanita yang telah berhubungan seksual perlu melakukan papsmear pada tiga tahun pertama setelah mulai berhubungan seks.

“Papsmear memang bukan diagnosis pasti, tetapi merupakan pemeriksaan awal. Diagnosis pasti dilakukan dengan pemeriksaan histologi dari bahan hasil biopsi. Namun, pencegahan dalam tahap ini jauh lebih baik,” tambahnya.

Jika pada tahap papsmear ini ditemukan adanya tahap pra kanker, proses pengobatan menurut dr. Primandono jauh lebih memuaskan.

“Hasilnya akan sangat memuaskan pada tahap ini karena stadiumnya masih kecil,” katanya.

Kesadaran deteksi dini terhadap kanker serviks memang sangat diperlukan, meski tak ada gejala yang spesifik terasa. “Sekali lagi lebih baik deteksi dini,” pungkasnya.

Sumber: detik.com